Internet Sehat? Untuk Apa?

APAKAH kampanye ‘internet sehat’ sudah begitu mendesak? Jika mengacu kepada jumlah pengguna internet di dunia saat ini, maka jawabannya YA. International Telecommunication Union (ITU) dalam press release terbaru memperkirakan, hingga akhir tahun 2010 ini jumlah pengguna internet di seluruh dunia akan mencapai angka dua milyar. Karena jumlah penduduk dunia saat ini menurut U.S. Census Bureau berjumlah 6,876 milyar, maka pada akhir tahun 2010 nanti sepertiga penduduk dunia sudah akrab dengan dunia maya.

pengguna-internet

Bagaimana dengan Indonesia? Internet World Stats melaporkan, hingga tahun 2010 pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angka 30 juta. Karena jumlah penduduk Indonesia mencapai angka 242,968,342 jiwa, maka pengguna internet di Tanah Air sudah mencapai angka 12,3 persen. Artinya, dari seratus orang Indonesia 12 di antaranya sudah melek internet.

Mulai tingginya angka pengguna internet memang menggembirakan. Sekaligus mengkhawatirkan. Internet adalah wahana untuk mendapatkan informasi, ilmu pengetahuan, hiburan bahkan uang. Di pihak lain internet juga menjadi ladang yang subur bagi pihak tertentu untuk mengeruk keuntungan dengan cara curang, bahkan dengan teknik yang menjurus ke tindak pidana. Internet juga menjadi sarana iseng bagi pihak tertentu, yang tak peduli kalau aksi isengnya bisa merugikan bahkan merusak nama baik orang lain.

***

Lalu bagaimana mengimplementasikan internet sehat? Itu tergantung ‘bidang’ yang diminati. Jika tertarik untuk menekuni dunia blog, tentu saja Anda harus memperhatikan aspek ngeblog yang sehat. Kendati di blog Anda bisa menuliskan apa saja yang disukai, namun bukan berarti kebebasan itu tidak ada implikasinya. Karena itu pastikan Anda hanya memposting hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain. Sedapat mungkin hindari posting yang berisi fintah atau merusak nama baik orang atau pihak lain.

Berpikir panjang sebelum menulis harus dibiasakan. Bukan seperti yang kerap dilakukan beberapa blogger, yang menulis dulu baru berpikir. Dan akhirnya hanya bisa menyesali diri ketika posting isengnya menjadi virus yang membinasakan.

Jika Anda lebih berminat berinteraksi melalui situs jejaring sosial seperti facebook atau twitter, pastikan Anda berpikir panjang sebelum mengupdate status atau berkomentar pada teman. Terkadang komentar yang maunya lucu justru dianggap sebagai penghinaan oleh pihak lain.

***

Salah satu tantangan serius bagi pengguna internet adalah situs dewasa. Pemerintah Indonesia sudah berupaya melawan peredaran situs dewasa, kendati sejauh ini menurut pendapat saya tidak efektif. (Buktinya saya baru saja bisa membuka sebuah situs ‘ehem ehem’ Indonesia dengan sukses. Padahal saya melakukannya dari warnet!!). Artinya, tindak pelarangan tidak akan maksimal jika tidak dibarengi perubahan paradigma pendidikan dan juga akhlak. Dengan diberlakukannya Undang-undang Transaksi Elektronik, maka pihak yang menyebarkan gambar atau video ‘ehem ehem’ bisa terjerat hukum. Jadi supaya aman, jangan sekali-kali Anda menyebarkan gambar atau video kategori dewasa ke dunia maya. Jika ketahuan, Anda akan mendapatkan bonus menginap di hotel ‘prodeo’.

Dengan makin banyaknya pengguna internet di seluruh dunia, Anda juga menjadi sasaran empuk pihak yang tidak bertanggung-jawab. Karena itu pastikan password email berisi data penting Anda, baik data pribadi maupun perusahaan, dalam kondisi aman. Hati-hati juga bertransaksi menggunakan kartu kredit di situs yang mencurigakan. Jika hendak bertransaksi, pastikan situs itu betul-betul aman. Hati-hati juga mengumbar data pribadi di situs jejaring sosial. Terutama jika password yang Anda gunakan mengacu kepada data pribadi (tanggal kelahiran, atau nama anak/istri/kekasih).

Sedapat mungkin, lawanlah godaan bernarsis ria secara berlebihan. Karena aksis narsis yang over dosis bisa dimanfaatkan pihak tertentu untuk mengeruk keuntungan, atau memanfaatkan ke hal negatif. Jika masih memungkinkan, ada baiknya Anda menggunakan identitas anonim, kendati untuk hal-hal tertentu, penggunaan identitas asli merupakan kebutuhan dan keharusan.

Yang pasti, kampanye internet sehat dilakukan bukan untuk mengekang aktivitas online. Justru sebaliknya. Internet sehat merupakan panduan untuk membuat aktifitas online menjadi lebih menyenangkan.

Internet adalah inovasi teknologi terbaik sejauh ini, yang multidimensi sekaligus multi-ancaman. Dengan berinternet sehat, kita bisa menjaga aktivitas kita untuk tetap sehat, kuat dan berenergi (kayak iklan susu saja ya? hehehe)


TAGS Festival BLOG 2010 internet sehat bikin hebat dunia maya


-

Author

@sukangeblog
Seorang yang (pernah) merasa suka (banget) ngeblog namun kini jarang ngeblog karena (sok) sibuk, hehehehe

Follow Me