5 Ide Posting (Buat Anda yang kehabisan ide)

INGIN ngeblog namun kehabisan ide. Ini ‘penyakit’ yang kerap menghinggapi sejumlah blogger. Bahkan banyak blogger yang sudah siap-siap di depan komputer, dan hingga setengah jam berikutnya dia tidak tahu apa yang akan ditulis.

Sesungguhnya ide untuk posting bisa didapatkan dari mana saja. Namun banyak yang ‘mengabaikan’ ide yang seringkali muncul karena menganggapnya tidak asyik. Atau mungkin menganggapnya tidak menarik jika sudah diolah menjadi posting.

idea

Bagi Anda yang sekarang kehabisan gagasan untuk membuat posting, berikut beberapa ide yang bisa digunakan. Jika sekarang Anda merasa masih punya ide, setidaknya posting ini bisa menjadi semacam ‘plan B’ jika kapan-kapan Anda ingin ngeblog namun mati ide.

1. Pengalaman pertama menggunakan facebook

Facebook harus diakui telah menjadi fenomena. Di Indonesia, rata-rata pengguna blog juga punya akun FB. Pasti Anda punya banyak pengalaman menarik terkait FB, terutama ketika pertama kali menggunakan social media ini. Pengalaman menarik dan unik ini bisa dijadikan posting. Dan pasti memikat pembaca. Bisa juga Anda menyorot satu sisi yang dijumpai di FB, misalnya soal ‘generasi alay‘, seperti yang ditulis fanabis.

2. Ciuman pertama

Kata orang ciuman pertama itu tak akan terlupakan. Ingatkah Anda bagaimana rasanya ketika pertama kali dicium? Perasaan Anda itu bisa dituangkan menjadi posting. Dan juga pasti akan menarik (Eiitt, jangan salah. Mencium dan dicium itu beda, rasanya beda, nuansa yang ditimbulkan juga beda. Jadi pastikan Anda tidak salah memilih topik posting, apakah mencium atau dicium, hehehe)

3. Anak-anak dan lagu cinta

Anak-anak jaman sekarang lebih hafal lagu bertema cinta (patah hati, putus cinta, selingkuh, cinta tak terbalas dll) dibanding lagu anak-anak ‘tempo doeloe’. Ini fenomena yang membuat miris. Banyak blogger yang memperlihatkan kepeduliannya dan menuangkan menjadi posting, seperti yang baru-baru ini dilakukan diah si batikmania. Anda juga bisa menulis dengan tema ini, tentu saja dari sudut pandang yang berbeda. Anda bisa mengulas kenapa anak jaman sekarang lebih hafal lagu cinta, dan bagaimana kira-kira jalan keluarnya. Atau Anda bisa mengambil sudut pandang, apa yang akan dilakukan jika anak, keponakan atau adik Anda yang masih SD tiba-tiba menyanyikan lagu patah hati…

4. Status FB

Status Anda di facebook bisa menjadi bahan posting. Apalagi jika statusnya unik. Karelanderson pernah membuat sebuah posting berdasarkan status FB-nya yang menghasilkan posting yang unik dan kocak. Jika Anda merasa status FB Anda biasa-biasa dan tak layak dijadikan posting, Anda bisa melirik status rekan-rekan. Anda bisa merangkum status-status itu menjadi posting, misalnya dengan judul ‘5 Status FB Paling Gokil’ atau ‘7 Status FB Paling Menggoda’, atau yang semacam itu.

5. Bikin cerpen

Bosan dengan posting yang biasa, kenapa Anda tidak mencoba menulis cerpen? Mungkin Anda akan mengerutkan kening karena merasa membuat cerpen itu sukar. Sebenarnya, membuat cerpen tidak sesukar yang Anda bayangkan. Sebagai langkah awal, Anda bisa menjadikan pengalaman pribadi sebagai sumber inspirasi. Anda hanya tinggal menciptakan karakter, apakah pria atau wanita. Jadi pengalaman Anda ke kantor, atau ketika dimarahi si bos, itu bisa dijadikan cerpen. Anda bisa menceritakan tentang si bos yang pemarah, misalnya.

Pada hakekatnya, semua topik bisa dijadikan bahan untuk membuat cerpen. Mulai dari penggalan sinetron hingga lagu cinta yang sekarang Anda sukai. Atau, bisa saja Anda berimajinasi. Dalam dunia fiksi, Anda bisa menciptakan kisah apa saja. Mulai cerita silat hingga serbuan alien. Apa saja.

Mungkin Anda bertanya, bagaimana jika cerpennya jelek? Ya gak masalah. Semua penulis cerpen hebat pun memulai dengan sebuah karya yang jelek. Yang penting Anda mau belajar, terutama soal teknis, seperti penggunaan koma pembuka dan penutup pada kutipan. Upayakan juga mengakhiri cerpen dengan kejutan, atau setidaknya ‘hentakan’, yang mampu membuat pembaca merenung, gemas, sedih atau tersenyum.

Di blogdetik banyak blogger yang bisa membuat cerpen. Cerpennya bagus-bagus (setidaknya jauh lebih bagus dari cerpen yang aku buat, hehehe). Cerpen terakhir yang aku baca dibuat oleh ruanghati. Cerpennya bagus, diakhiri dengan ‘hentakan’ yang halus namun dalam.


TAGS ide posting ciuman pertama cerita pendek


-

Author

@sukangeblog
Seorang yang (pernah) merasa suka (banget) ngeblog namun kini jarang ngeblog karena (sok) sibuk, hehehehe

Follow Me